Langsung ke konten utama

2jutaan Traveling ke Korea Selatan : Day 6 Seoul - KBS - COEX Mall - Cheongdamdong - Gangnam - Dongdaemun - Namdaemun - Myeongdong

Hari senin, saya bangun lebih pagi karena hari ini banyak target ke tempat2 yg belom saya datengin, plus beli barang2 titipan. Sarapan seperti biasa mie instan, murah, panas dan mengenyangkan. Satu hal yang kurang dari mie instan disini adalah, ga ada telornya... Telor mahal banget 1 butir 500won, kalo di Indonesia bisa dapet seperempat kilo tuh.

Abis sarapan,mandi,dan setoran pagi, saya berangkat barengan sama si Ivan. Tapi nyampe di Hongik Terminal kita mencar karena rutenya beda. Pertama-tama saya menuju ke stasiun tv tersohor di Korea, KBS. Di KBS ini ada semacam museumnya. Ya isinya tentang broadcasting2 gitu. Ngarep ketemu artis juga siapa tau beruntung.

Cara menuju KBS yaitu dari Hongik Station menuju ke Yeouido Station lalu keluar lewat Exit 3, jalan lurus terus melewati deretan gedung pencakar langit agak jauh sampe ketemu Yeouido Park. Taman kota ini gede banget, ada lapangan basketnya banyak, bisa sepedaan, ada tempat ngegym, banyak pepohonan, dan semua fasilitas itu gratis. Seandainya di Indonesia ada yang kayak gitu.

Nah kalo udah ngelewatin Yeouido Park, ketemu jalan raya lagi, belok aja ke kiri ngikutin trotoar. Ketemu deh gedungnya KBS. Ada 2 gedung, tapi museumnya itu letaknya di gedung yang di pinggir jalan. Kalo gedung satunya lagi agak masuk ke dalam, ada lapangan parkirnya dulu gitu di depannya.  Pas saya naik tangga mau masuk ke gedung ditanyain ama satpamnya, cuap2 pake bahasa alien kayaknya dia ngira saya salah satu fansnya Suju yg mau liat acara Super Junior Kiss the Radio. Itu acaranya tiap hari senin live dari KBS dan pas pagi2 pas saya kesana udah banyak fangirl yang nungguin di depan gedung buat liat personilnya Suju ngebawain acara. Padahal acaranya baru mulai malem jam 8-9an.



Lanjut masuk ke museum. Masuknya gratis. Di resepsionisnya sepi sama sekali ga ada yang jaga, ya udah saya langsung masuk aja. Ternyata di dalemnya juga suepi. Ga ada orang satupun. Saya liat-liat sendiri, naik ke lantai atas lewat semacam tangga darurat gitu, ada semacam replika studio broadcasting lengkap dengan Blue Screen dan kamera asli yang nyala. Jadi kita bisa pura2 lagi siaran di depan Blue Screennya sementara kameranya merekam kita. Hasilnya langsung disiarin Live di TV yg ada di ruangan itu juga. Ada juga yang kayak buat siaran berita. Lumayan seru kok. Ada ruangan yg nyimpen benda2 broadcasting jadul juga. Trus ada hall yang isinya acara2 KBS macam Winter Sonata, Autumn in My Heart(disini diganti judulnya jadi Endless Love), Lee Soon Shin is the Best, Prime Minister and I, dan laen-laen.

Di museum sekitar 1 jam, keluar lagi, liat para fangirl ternyata daritadi orangnya itu-itu aja, gak ada penambahan. Balik lagi ke Subway Station buat ke next destination, COEX Mall. Mall ini gosipnya sih mall terbesar di Seoul, jadi pengen mampir aja. Turunnya di Station .................................(lupa) dan begitu nyampe sana, ternyata mallnya lagi direnovasi. Sial.



Meskipun lagi renov, sebagian mallnya masih buka. Yang bikin pegel tuh jalan kaki dari stationnya sampe ke bagian mall yang buka itu jaoooh banget. Udah gitu yang buka juga cuman dikit. Ada COEX Aquarium, kayak semacam Seaworld gitu tapi di dalem mall. Sudah jelas saya gak masuk karena tiketnya mahal. Ada bioskop juga namanya Megabox. Keren juga bioskopnya, ada brosur2 tentang film yang lagi maen, juga ada penjelasan tentang teknologi audio terbaru yg dipake di teaternya. Film Noah juga lagi maen disitu. Jadi nyesel kenapa gak nonton disana, soalnya kan di indo gak diputer. Ada Duty Free Shop juga yang isinya barang2 mahal, trus ada Lotte Star Avenue, bisa nulis semacam wish card buat idola2 KPop kayak Suju, Jang Geun Suk dsb. Ini cukup mirip sama yang ada di Mall Lotte Shopping Avenue di Jakarta.

Dari COEX saya lanjut ke daerah Cheongdamdong, Gangnam buat iseng mampir ke kantornya SM Entertainment, siapa ta ketemu SNSD #ngimpi. Naik subway turunnya di Cheongdam Station Exit 9, terus tinggal jalan aja lurus sampe ketemu poster sebesar Godzilla yang ada gambarnya artis SM. Waktu itu sih gambarnya SNSD Mr. Mr. Eh ternyata itu kantor lamanya ya, kayaknya artis2nya udah gak disitu. Saya gak tau sih kantornya yang baru dimana. Pas nyari kantornya SM saya sempet nyasar. Saya kira itu poster SNSD cuma poster iklan biasa, jadi saya jalan lurus terus agak jauh. Eh berkat nyasar itu saya malah nemu Resto Blacksmith yang jadi tempat syutingnya You're the Best Lee Soon Shin. FYI Resto ini ceritanya yang jadi tempat kerjanya IU selama di drama itu. Sebenarnya pengen nyoba masuk tapi takut ama harganya. Apalagi penampilan ane gembel gini, sementara yang makan disitu bawaannya keren2.




Di depan kantornya SM ada beberapa fangirl yang lagi nongkrong sambil foto2. Entah mereka tau ato enggak kalo kantornya udah pindah. Sebenernya di deket sini juga ada kantornya JYP tapi saya gak tau tempatnya. Taunya baru pas pulang ke indo, jadi ya sudah akhirnya saya cuma foto2 bentar terus lanjut lagi cari makan.

Makanan Korea yang pernah saya coba makan di resto Korea selama di Indonesia, yang jadi favorit saya adalam Bibimbap. Jadi saya pengen coba makan yang asli Korea. Lanjut ke Dongdaemun nyari Bibimbap sekalian nyari Official Storenya YG buat nyari pernak pernik Big Bang titipan temen saya. Rute Subwaynya masih sama kayak kemaren. Nyampe sana masuk ke Mall Migliore (kalo gak salah, soalnya lupa namanya :D) terus nyari tokonya YG (yang juga ada concert 3D hologramnya itu) tapi ternyata tutup tiap hari senin. Ya udah saya pesen makan aja di foodcourtnya situ. Seporsi Bibimbap 7500KRW. Disini cara pesennya agak unik. Langsung ke kasir liat buku menunya, pesen sama yang jaga kasir, bayar, terus kita dikasi semacam remote dengan LCD yang akan nyala bergetar kalo makanan kita udah siap. Kalo udah geter baru makanannya bisa diambil di counter yang jual makanan itu. Agak ribet juga sih kalo belum terbiasa, tapi unik. Disini gak jual minuman. Sebagai gantinya da dispenser khusus yang boleh ngambil minum sepuasnya, tapi cuma air putih.

Bibimbapnya enak banget, porsi banyak, side dishnya juga enak. Kimchinya enak, padahal kalo di indo saya termasuk yang gak doyan kimchi. Kenyang makan, muter2 bentar di Dongdaemun sambil liat2, terus lanjut ke Myeongdong buat nyari oleh-oleh, eh, titipan.

Di Myeongdong saya jalan dulu ke daerah Namdaemun Market. Disini banyak yang jual oleh2 murah, ya semacam kayak di Bugis Streetnya Singapore gitu. Yang khas Korea ada sumpit-sendok besi, dompet gambar tradisional Korea, dll. Saya sih disini cuma beli kaos I Loph Korea aja titipan temen2 saya. Harganya murah sih cuma KRW10.000 per 3 pcs. Saya beli lumayan banyak, tapi semuanya barang titipan hahaha.

Dari Namdaemun jalan lagi ke Myeongdong. Agak jauh sih. Ngelewatin Bank of Korea (kalo gak salah) trus ada Embassynya China juga yang penjagaannya ketat banget, banyak penjaganya dimana-mana pada gotong senjata. Pas didepan gedungnya Bank of Korea, keliatan Namsan Tower di kejauhan. Berasa di Korea :D

Nyampe Myeongdong lagi, saya sempetin mampir ke tokonya SPAO. Disini banyak produk fashion keren2 dan murah (yang mahal juga ada). Temen saya banyak yang nitip beli jaket sama tas backpack disini. Mumpung dapet free WiFi disini bisa kontak temen2 di kampung. Agak repot karena pada minta difotoin jaket2nya :D FYI mbak2nya yang jaga disini cakep2. Abis dari SPAO saya nyari titipan kosmetik. Ada yang di Etude, Body Shop, sama Nature Republic.

Abis shopping rencana pengen main ke Lotte lagi, tapi ternyata tiap senin tutup. Cukup unik juga mall di Korea ini karena tidak buka setiap hari. Jadi itinerary harus dipersiapkan dengan baik agar tidak bertepatan dengan jadwal tutup tempat yang ingin dikunjungi. Akhirnya ya udah saya muter2 aja di jalanan sambil sesekali duduk2 di pinggir. Menikmati malam terakhir di Korea.

Selanjutnya balik ke Hostel, gak lupa beli mie instan 2pcs seharga total KRW2000 buat sarapan besok hehe. Di hostel packing dulu, terus ngobrol2 dulu sampe malem. Galau banget kalo inget besoknya mau pulang. Jam 1an lebih baru bisa tidur.

Pengeluaran Day 6:

-Bibimbap KRW7500
-Mie KRW2000

Total KRW9500

NB : Beli oleh-oleh tidak dihitung karena semuanya barang titipan, jadi tidak menggunakan uang pribadi saya.

Hari ketujuh klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Naik Bus dari Bangkok ke Pak Chong (Khao Yai National Park) - Backpackeran Keliling 3 Negara di Asia Tenggara (Vietnam, Kamboja, Thailand) 8 hari - Part 5

Sekitar jam 23:00 kami mendarat di Bangkok. Airport bus jam segitu udah gak ada, jadi kami terpaksa naik Grab Car meskipun lebih mahal. Meskipun udah tengah malam, kami memutuskan buat nginep di hostel di dekat Mo Chit bus terminal karen besok pagi kami mau langsung cabut naik bus menuju ke kota Pak Chong. Pak Chong ini adalah kota kecil sekitar 3 jam dari Bangkok, mirip kayak Puncak kalo di Jakarta. Ada apa saja di Pak Chong? Destinasi utamanya sih Khao Yai National Park, taman nasional yang guede dan luas banget. Ada air terjun, satwa liar, danau, gajah, rusa, monyet, dan lain-lain. Selain itu di Pak Chong juga banyak tempat wisata yang mirip-mirip di Puncak gitu. Ada resort bertema Eropa, kafe-kafe gaul, dan cem macem lainnya. Kami nyampe hostel di Bangkok sekitar jam setengah 1 malam. Langsung check ini (USD7/orang), bersih-bersih, lalu karena kelaparan saya pun langsung melipir beli rice box (THB35) di sevel seberang hostel. Setelahnya langsung istirahat, tidur yang cu

Cara Naik Bus dari Singapore ke Melaka

Lagi jalan-jalan di Singapore lalu tiba-tiba bingung ga tau mau kemana karena saking kecilnya negara itu? Mending ke Melaka aja! Melaka adalah salah satu Heritage City di Malaysia. Lokasinya ga terlalu jauh dari Singapore. Pagi berangkat, siang udah nyampe. Naik apa? Naik bus aja yang murah meriah hore. Caranya gimana? Tenang, saya jelasin caranya step by step. Cara paling mudah adalah naik bus langsung dari Singapore ke Melaka. Tapi karena blog ini isinya traveling murah, jadi saya jelasin cara murahnya, tapi tetep nyaman. Pertama, kita naik MRT ke Bugis Station. Dari stasiun keluar aja nyeberang Victoria Street sampai ketemu Bugis Street. Sampai ujung setelah keluar dari Bugis Street, jalan aja ke arah kanan menyusuri Queen Street. Setelah melewati 2x lampu merah, akan ada satu pelataran tempat bus-bus parkir di sebelah kiri jalan. Naik aja ke bus Causeway Link jurusan JB Sentral (Johor Bahru Sentral) dengan bayar tiket SGD3,3. Sebenarnya kita bisa naik bus kota biasa dengan n

Rincian Biaya Trekking Annapurna Base Camp - Himalaya - Nepal

Total trip kami ke Nepal adalah 11,5 hari, termasuk perjalanan dari Indonesia ke Nepal. Total waktu trekking kami adalah 6 hari, dimulai dari Syauli Bazaar sampai ke ABC dan berakhir di Mutkhu. Biaya yang kami keluarkan selama trip, saya coba jabarkan seingat saya, karena sewaktu trekking saya gak terlalu mikir masalah duit, karena badan udah capek banget jadi males mikir. Lha wong pas lagi seger aja saya males ngitung, apalagi pas klenger. Perhitungan biaya ini berdasarkan kurs pada saat kami kesana. Hari pertama: Jakarta - Kuala Lumpur Kathmandu Pengeluaran: 1. Makan siang romantis kere di KLIA sepiring berdua - MYR18 (Rp 32.000/orang) 2. VOA - USD25 (Rp 345.000) 3. Taxi ke NTB - NPR700 dibagi 2 (Rp42.000/orang) 4. Biaya2 bikin permit - kurleb Rp550.000/orang 5. Penginapan di Thamel - USD13/room (Rp90.000/orang) 6. Makan malam di Thamel - kurleb Rp75.000/orang Total pengeluaran hari pertama : Rp1.134.000/orang Hari kedua: Kathmandu - Pokhara Pengeluaran: 1. Tiket