Langsung ke konten utama

Keliling Singapore-Malaysia 7 hari cuma 1jutaan - Day 4

Selamat pagi cikgu!

Pegel banget ini kaki.

Hari kedua di Melaka. Saya bangun agak siang. Mager. Bangun, bikin sarapan dulu indomi goreng yang dibawa dari Indonesia. Dapet rejeki, dikasi telor rebus sama temen sekamar saya yang dari China itu. Lumayan ada tambahan lauknya buat makan mie hehe. Sekalian ngopi dulu, kopinya bawa kopi sachet dari Indonesia juga, biar ngirit.

Abis sarapan, mandi, terus saya jalan menuju ke kawasan intinya Melaka, yaitu di daerah Stadhuys. Disini objek wisatanya saling berdekatan. Ada kapal Cheng Ho, Red Church, Petaling Street, Reruntuhan gereja, Melaka River, Mall, dll. Jalan kaki dari hostel, pertama-tama saya ngelewatin Menara Taming Sari. Kita bisa naik ke menara ini buat ngeliatin view kota Melaka dari ketinggian. Antrinya panjang dan bayar pula, jadi saya skip aja.

Menara Taming Sari

Dari arah menara saya jalan terus menyusuri pinggir Melaka River. Gak terlalu jauh dari menara ada replika kapal Cheng Ho yang mirip kayak yang ada di Semarang. Di dalamnya ada semacam museum yang masuknya bayar. Skip. Pokoknya kalo bayar skip.

Kapal Cheng Ho

Maju lagi, ketemu semacam kincir air raksasa. Kabarnya dulu kincir ini dipergunakan oleh warga Melaka. Tapi sekarang jadi semacam monumen yang cuma dipakai turis untuk foto-foto di depannya.
Maju lagi, saya ketemu semacam benteng pertahanan yang sudah tinggal reruntuhan. Melaka memang jaman dulu banyak bentengnya karena daerah ini berada di jalur perdagangan laut, sehingga keamanannya perlu diperketat oleh pemerintah pada saat itu. Di benteng ini juga masih terdapat beberapa meriam sisa peninggalan jaman dulu.



Next, tidak jauh dari menara, saya tiba di pusat wisata kota Melaka. Apalagi kalo bukan Gereja Merah yang terkenal itu. Waktu itu karena kebetulan hari minggu, jadi di dalam gereja masih ada peribadatan. Berhubung gereja ini terletak di daerah turis, otomatis banyak banget turis yang cuma masuk sebentar terus keluar lagi. Saya ikut masuk, ikut peribadatannya sebentar tapi berhubung misanya pakai bahasa inggris yang susah dipahami, jadi saya keluar lagi. Di dalam gereja ada beberapa prasasti dari batu yang bentuknya seperti batu nisan ala Eropa. Batu-batu ini diletakkan berjejer di pinggiran ruangan, bersandar pada tembok.



Keluar dari gereja, karena cuaca panas, saya nyobain beli jus semangka utuh yang banyak dijual di pinggiran sungai. Jus ini terbuat dari satu buah semangka utuh yang dilubangi sedikit di atasnya, lalu bagian dalamnya diblender dengan alat semacam pengocok adonan kue. Setelah buahnya jadi jus, diberi es batu biar dingin, lalu siap diminum pake sedotan. Seger banget terutama kalo dapet buahnya pas yang manis. Harganya murah cuma sekitar 10 ringgit. Tapi kalo sendirian sih enggak habis karena banyak banget. Mending pesen satu buat ber 2-3 orang.

Melaka River

Selanjutnya saya menyusuri Jonker Street yang lokasinya berada di seberang sungai dari arah Red Chruch. Tinggal nyeberang jembatan satu kali juga nyampe. Disini saya pengen nyobain makanan khas Melaka yang terkenal yaitu Rice Balls, nasi yang dibentuk bulet-bulet mirip bola. Yang terkenal disini namanya Famosa Chicken Rice Balls. Begitu nyampe, ternyata buat makan disini kudu antri dulu lumayan panjang. Saya ngantri ada hampir setengah jam buat akhirnya dapet tempat duduk. Saya pesen Rice Balls 1 porsi, lalu lauknya pesen ayam panggang sama roasted pork masing-masing 1 porsi. Porsinya ternyata gede juga, cukup buat 2 orang. Kenyang deh. Makan segitu banyaknya plus minum es jeruk cuman abis sekitar 110ribu.

Jonker Street


Famosa Chicken Rice Balls

Setelah kenyang, saya jalan lagi menyusuri Jonker Street buat nyari pencuci mulut. Lalu saya nemu cemilan durian puff. Ini kue puff kecil yang isinya durian. Enak banget ini. Harganya kalo ga salah sekitar 2RM.

Next, saya jalan lagi me arah reruntuhan gereja St. Paul. Reruntuhan ini letaknya ada di atas bukit tepat di samping Red Church. Cukup lumayan capek juga naeknya, apalagi cuacanya panas beud. Begitu sampe di atas, selain reruntuhan, kita juga bisa melihat pemandangan kota Melaka dan lautnya. Lumayan lihat dari sini kan gratis, daripada naek menara taming sari kudu bayar.

Reruntuhan gereja St. Paul cukup keren, masih terasa aura megah sisa peninggalan masa lampau. Di bagian dalamnya lagi-lagi ada bekas batu-batu nisan yang dijejer di pinggiran. Ada juga semacam tempat untuk melempar koin entah untuk apa. Mungkin bisa mengabulkan keinginan. Mungkin lho ya.

Di bagian depan reruntuhan bangunannya juga terdapat banyak makam orang Eropa jaman dulu bekas penjajah disini. Lumayan horor juga auranya di sekitar kuburan, apalagi mengingat umur makam itu sudah hampir 100 tahun. Kalo gak salah, Melaka ini dulunya dijajah oleh Portugis deh. Atau Inggris ya?

Next, settled menuruni bukit, saya menyeberang jalan menuju ke Dataran Pahlawan Shopping Mall. Ngadem dulu di mall karena matahari tambah sadis aja panasnya. Mall ini cukup besar. Ada 2 mall bersebelahan, yang satunya saya lupa namanya. Disini mampir dulu beli ice cone di McD MYR 2 buat nyegerin kerongkongan. Disini saya menghabiskan waktu muterin mall sambil cuci mata. Menjelang sore, saya balik lagi ke hostel. Bersih-bersih dulu, udah keringetan jalan kaki kepanasan seharian.

Malamnya, saya balik lagi ke Jonker Street. Di Jonker Street kalo malam berubah menjadi area pedagang kaki lima dadakan, jadi otomatis bakal banyak street food yang bisa saya cicipin. Rata-rata street food disini cuma snack yang harganya terjangkau. Kalo dirupiahin cuma sekitar 7 ribu per porsi. Jadi disini saya bisa nyicipin beberapa macam makanan. Yang perlu diperhatikan, Jonker Street kalo malem ruame banget. Jadi jangan bawa duit banyak2, waspada terus, jangan bawa barang terlalu banyak juga. Ramenya sampe buat jalan kaki aja susah.

Setelah dari Jonker Street, saya kembali lagi ke hostel untuk beristirahat karena tidak ada destinasi lain lagi yang akan saya kunjungi. Sebenarnya Melaka memang tidak terlalu besar dan destinasi wisatanya terpusat di situ-situ aja, jadi 1-2 hari sudah cukup untuk eksplorasi Melaka.

Next day, saya berangkat menuju Kuala Lumpur.

Pengeluaran Day 4
- Sarapan : gratis
- Makan siang Famosa Chicken Rice Balls : +/- MYR 35
- Ice Cone McD : MYR 2
- Jajan street food di Jonker Walk malam hari : MYR 15

Total : MYR 52

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Naik Bus dari Bangkok ke Pak Chong (Khao Yai National Park) - Backpackeran Keliling 3 Negara di Asia Tenggara (Vietnam, Kamboja, Thailand) 8 hari - Part 5

Sekitar jam 23:00 kami mendarat di Bangkok. Airport bus jam segitu udah gak ada, jadi kami terpaksa naik Grab Car meskipun lebih mahal. Meskipun udah tengah malam, kami memutuskan buat nginep di hostel di dekat Mo Chit bus terminal karen besok pagi kami mau langsung cabut naik bus menuju ke kota Pak Chong. Pak Chong ini adalah kota kecil sekitar 3 jam dari Bangkok, mirip kayak Puncak kalo di Jakarta. Ada apa saja di Pak Chong? Destinasi utamanya sih Khao Yai National Park, taman nasional yang guede dan luas banget. Ada air terjun, satwa liar, danau, gajah, rusa, monyet, dan lain-lain. Selain itu di Pak Chong juga banyak tempat wisata yang mirip-mirip di Puncak gitu. Ada resort bertema Eropa, kafe-kafe gaul, dan cem macem lainnya. Kami nyampe hostel di Bangkok sekitar jam setengah 1 malam. Langsung check ini (USD7/orang), bersih-bersih, lalu karena kelaparan saya pun langsung melipir beli rice box (THB35) di sevel seberang hostel. Setelahnya langsung istirahat, tidur yang cu

Cara Naik Bus dari Singapore ke Melaka

Lagi jalan-jalan di Singapore lalu tiba-tiba bingung ga tau mau kemana karena saking kecilnya negara itu? Mending ke Melaka aja! Melaka adalah salah satu Heritage City di Malaysia. Lokasinya ga terlalu jauh dari Singapore. Pagi berangkat, siang udah nyampe. Naik apa? Naik bus aja yang murah meriah hore. Caranya gimana? Tenang, saya jelasin caranya step by step. Cara paling mudah adalah naik bus langsung dari Singapore ke Melaka. Tapi karena blog ini isinya traveling murah, jadi saya jelasin cara murahnya, tapi tetep nyaman. Pertama, kita naik MRT ke Bugis Station. Dari stasiun keluar aja nyeberang Victoria Street sampai ketemu Bugis Street. Sampai ujung setelah keluar dari Bugis Street, jalan aja ke arah kanan menyusuri Queen Street. Setelah melewati 2x lampu merah, akan ada satu pelataran tempat bus-bus parkir di sebelah kiri jalan. Naik aja ke bus Causeway Link jurusan JB Sentral (Johor Bahru Sentral) dengan bayar tiket SGD3,3. Sebenarnya kita bisa naik bus kota biasa dengan n

Rincian Biaya Trekking Annapurna Base Camp - Himalaya - Nepal

Total trip kami ke Nepal adalah 11,5 hari, termasuk perjalanan dari Indonesia ke Nepal. Total waktu trekking kami adalah 6 hari, dimulai dari Syauli Bazaar sampai ke ABC dan berakhir di Mutkhu. Biaya yang kami keluarkan selama trip, saya coba jabarkan seingat saya, karena sewaktu trekking saya gak terlalu mikir masalah duit, karena badan udah capek banget jadi males mikir. Lha wong pas lagi seger aja saya males ngitung, apalagi pas klenger. Perhitungan biaya ini berdasarkan kurs pada saat kami kesana. Hari pertama: Jakarta - Kuala Lumpur Kathmandu Pengeluaran: 1. Makan siang romantis kere di KLIA sepiring berdua - MYR18 (Rp 32.000/orang) 2. VOA - USD25 (Rp 345.000) 3. Taxi ke NTB - NPR700 dibagi 2 (Rp42.000/orang) 4. Biaya2 bikin permit - kurleb Rp550.000/orang 5. Penginapan di Thamel - USD13/room (Rp90.000/orang) 6. Makan malam di Thamel - kurleb Rp75.000/orang Total pengeluaran hari pertama : Rp1.134.000/orang Hari kedua: Kathmandu - Pokhara Pengeluaran: 1. Tiket