Mengintip serunya kantor pusat Mbah Google di Singapore (Part 1)



Beberapa waktu yang lalu saya dapet kesempatan buat mampir ke kantor salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang berlokasi di Singapore. Perusahaan apakah itu? Ya dari judul udah ketauan sih --> Google.

Jadi kantor Google yang di Singapore ini adalah pusatnya Google di kawasan Asia tenggara. Alhasil, semua kegiatan operasional Google yang ada di Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapore, Vietnam, dll berpusat dan dikontrol dari sini. Kenapa saya bisa diundang mampir ke kantornya Google? Jadi ceritanya saya ini kan sering bantu-bantu jadi kameramen buat salah satu Youtuber/food vlogger di Indonesia yang dikenal dengan nama Nex Carlos (channel Youtubenya klik disini). Nah, si Nex Carlos ini diundang ke acaranya Google di Singapore yaitu "Google Cook Off". Acara ini mempertemukan banyak Youtuber lintas negara Asean buat berkompetisi dalam lomba masak. Karena saya posisinya jadi kameramennya Nex, otomatis saya juga ngikut ke acara tersebut. Lumayan, jalan-jalan gratis sekaligus bisa mampir ke kantornya Google yang udah terkenal keren itu.

Perjalanannya dimulai hari Jumat pagi, berangkat dari Terminal 3 bandara Soekarno-Hatta naek pesawat Garuda. Sepanjang perjalanan sibuk mainin in-flight entertainment, makan-makan sambil nambah kopi terus (jadi norak karena biasanya cuman naek budget airlines).


Hari pertama nyampe di Singapore, saya dan Nex langsung dijemput oleh staff dari Google di Changi Airport. Kami dijemput naik van gede sejenis mobil shuttle travel Jakarta-Bandung gitu, khusus cuman buat kami berdua. Mobil travel inilah yang nantinya bakal nganter kami kemana-mana selama 3 hari di Singapore.

Kami menginap di Studio M Hotel yang lokasinya ada di tepi Singapore River, deket banget sama Clarke Quay (salah satu tempat nongkrong dan kulineran kelas menengah-atas di Singapore). Hotelnya keren, kamar kami mirip apartemen studio dengan 2 lantai yang ada voidnya. Lantai bawah ada toilet dan kamar mandi terpisah, pantry, kasur queen size gede, lemari, dan tv. Lantai atas ada single bed dan meja kerja. Karena konsep ruangannya 2 lantai, otomatis plafonnya jadi tinggi banget sekitar 4 meter ada kali. Jadi jendelanya juga gede banget, full dari bawah sampai atas, dengan pemandangan  hampir tepat mengarah ke Singapore River.


Kamar di Studio M Hotel



Nyampe hotel kami cuma bebersih dan makan siang (prasmanan di hotel), lalu lanjut acaranya visit ke kantor pusat Google bareng Youtuber-Youtuber lainnya. Dari Indonesia, selain @nexcarlos ada juga @elisabetwang, @mgdalenaf dan @gerrygirianza. Dari negara-negara lain juga banyak dan semuanya nginep di hotel yang sama. Begitu semua Youtuber ini kumpul, suasananya langsung heboh karena kamera langsung on semua dan pada ngomong sendiri-sendiri ke arah kamera.

Lanjut ke kantornya Google, dari awal sebelum masuk gedungnya aja udah keren. Kami disambut logo 3D Google gede di depan gedung yang tulisannya bisa berubah kalo dibaca dari sudut yang berbeza. Ada travelator (eskalator datar kayak yang biasanya ada di bandara) di depan gedung karena pintu masuknya agak jauh. Masuk ke kantornya, kami disambut lagi oleh LCD gede banget di dinding yang lagi nampilin cuplikan-cuplikan video dari semua undangan.


LCD raksasa cuplikan video2

Setelahnya, ada perkenalan singkat dari staff Google, lalu kami diajak tour keliling kantor Google yang saking kerennya bis bikin betah orang-orang yang kerja disitu. Ada pantry dengan minuman dingin, panas, cemilan dan buah-buahan yang bebas diambil sepuasnya. Ada ruangan gym. Ruangan santai. Ruang game dengan meja bilyard, mesin game ding-dong, dll. Ruang makannya guede banget lengkap dengan panggung band, dengan menu makanan prasmanan yang bebas diambil kapan saja. Asiknya lagi, tiap jumat ada acara TGIF yang artinya setelah jam kantor karyawan bisa minum wine gratis disini sepuasnya! Yang paling unik, ada ruangan kecil tempat penyimpanan alat bersih-bersih semacam sapu, lap pel, obat pel, dll. Tapi ternyata tembok di balik tempat penyimpanan itu bisa didorong ke dalam, dan di baliknya ada hidden bar! Keren banget konsep kantor kayak begini, bikin HRD sibuk banget pasti saking banyaknya yang apply pengen kerja disini.


Pantry di kantor simbah gugel

Selesai tour kelliling kantor Google, para Youtuber dikumpulin lagi di satu ruangan, dibagi menjadi 4 tim yang masing-masing beranggotakan 6-7 orang (untuk keperluan lomba besok), lalu masing-masing dikasi 1 unit Google Pixel 2 XL gratis. Enak banget hidup Yucuber :((

Malamnya, kami semua dinner di restoran ala Mexico di samping Singapore River. Yang dari Indonesia sih pad gadoyan sama makanannya. Isinya nacho semua. Berasa cuma makan keripik buat makan malam. Akhirnya kami balik ke hotel, lalu lanjut jalan sendiri keliling Clarke Quay buat cari makanan yang lebih waras.

Besok harinya, bakal ada lomba masak dan surprise event dari Google buat semua peserta!


Komentar