Thursday, March 10, 2016

2jutaan Traveling ke Korea Selatan : Day 2 Incheon - Seoul - Sokcho - Rodeo Street

Begitu bangun udah subuh hampir pagi. Pramugari lagi berkeliling menjajakan dagangannya, akua akua mijon mijon. Karena ngirit saya gak beli apa2 meskipun laper. Cuci muka dulu di toilet, terus balik ke kursi, ketiduran lagi. Begitu bangun udah ada pengumuman bentar lagi mendarat.
Sekitar jam 9 waktu setempat, peswat landing dengan mulus di Incheon International Airport. Welcome to Korea!
Incheon International Airport

Keluar pesawat, foto2 alay dulu bentar, trus ngisi arrival card sama kartu bea cukai. Waktu itu saya gak dapet card yang bahasa inggris, dapetnya tulisan hangul. Akhirnya saya liat contekan pinjem cardnya cewek Malaysia yang pas itu lagi ngisi juga :D Lanjut ke imigrasi ternyata beda terminal. Jadi kita harus naik kereta penghubung antar terminal terlebih dulu. Abis itu baru antri imigrasi, lumayan panjang antriannya. Pas udah hampir sampe depan, mendadak perut saya mules. Terpaksa keluar antrian dulu, setoran ke toilet dulu.
Abis puas nyetor, antri imigrasi lagi. Kali ini udah berkurang antriannya. Lolos imigrasi dengan lancar, saya keluar cari makan. Saya mampir ke McD yang harganya terjangkau. Beli breakfast set cuma KRW3800 dapet burger McMuffin, hash brown, ama kopi item.
Lumayan kenyang,abis itu beli Tmoney dulu di 7-11 sebelah McD KRW2500 plus isi ulang KRW10.000, baru abis itu saya nyari loket tempat jualan tiket KAL. Sebelumnya gak lupa isi ulang air minum gratisan dulu :D (FYI air keran di korea tidak bisa langsung diminum, jadi harus nyari keran khusus isi ulang). Saya berencana langsung ke Sokcho hari ini. Rutenya dari airport naik KAL Limousine Bus, turun di Dong Seoul Bus Terminal, trus naik bus ke Sokcho. Beli tiket KAL seharga KRW16.000,trus nunggu busnya di halte bus luar airport. Begitu keluar dari airport, buset duingin buangett.. Gak tau suhunya berapa, yang jelas buat saya yang sehari2 tinggal di Semarang yang panas banget, suhu segitu langsung bikin merinding disko. Buru2 pake sarung tangan, terus nungguin busnya deh. Agak lama juga hampir setengah jam baru busnya dateng. Sempet nunggu di tempat yang salah, tapi diarahin sama ahjussi yang jaga ke tempat yang bener. Dia gak bisa bahasa inggris sih, tapi kalo kita tunjukin tiket KAL dia pasti ngerti kok. Bus dateng, naik bus, duduk manis sepanjang perjalanan sekitar 1 jam ke Seoul.
Tempat nunggu bus ke Seoul

Perjalanan ke Seoul

Turun di halte Dong Seoul, awalnya gak keliatan terminalnya ada dimana. Ternyata terminalnya ada di balik stasiun Subway, jadi ketutupan bangunan stasiunnya. Kalo bingung lokasinya, di halte ada gambar petanya dengan bahasa inggris. Gampang kok. Ato kalo enggak bisa tanya2 orang lewat aja. Meskipun yang ditanya gak bisa bahasa inggris, tapi kalo kita bilang “Dong Seoul” dengan muka bingung, mereka pasti ngerti :D Di deket situ ada mall (lupa namanya) jadi saya mampir ke toilet dulu sekalian liat2. Di dalem mall anget banget, enak banget rasanya. Tapi ga bisa lama2 takutnya keburu sore.
Masuk ke Dong Seoul Bus Terminal, loketnya ada 2 di 2 lantai berbeda. Ane beli di loket atas karena diliat dari papan harganya, yang diatas lebih murah sedikit ( ga adaKRW1000 sih selisihnya). Tiket bus Seoul-Sokcho ane dapet seharga KRW17.200, mbaknya yang jual tiket cakep banget udah mirip personil girlband :D sayang ga bisa bahasa inggris, jadi komunikasi agak susah T.T
Bus saya berangkat sekitar 1 jam lagi. Saya beli roti dulu buat bekal di jalan. Beli roti di Tous Le Jours yang harganya sekitar KRW1000, lalu jalan2 muter sekitar terminal sambil nunggu bus berangkat. Attention, jangan telat semenit pun, karena bus di Korea sangat on time. Kalo telat ya tiket angus :D
View Dong Seoul Bus Terminal dari lt. 2

Dong Seoul Bus Terminal

Busnya keren, formasi duduknya 2-1. Saya kebagian yang 1 kursi, duduk sendirian sebelah jendela. Kursinya jauh lebih nyaman daripada kursinya Airasia. Ada tonjolan di kanan-kiri headrestnya jadi kalo ketiduran ada penopang kepalanya di samping.
Perjalanan ke Sokcho sekitar 3 jam. Pemandangan awal2 perjalanan agak membosankan. Pohon2 masih pada gersang karena masih winter. Katanya winter tahun kemarin agak telat, jadi berakhirnya juga molor. Saya ketiduran sekitar 1 jam. Akhirnya kebangun gara2 bus berhenti di semacam rest area.
Setelah rest area itu, pemandangan jadi lebih menarik, karena mulai banyak sisa-sisa salju di pinggir jalan. Begitu 1 jam mendekati Sokcho malah saljunya makin tebel. Mulai keliatan Seoraksan Mountain juga di kejauhan. Asik buat difoto2.
Pemandangan Seoraksan dari bus

Begitu nyampe di Sokcho, ternyata saya turun di Express Bus Terminal. Terminal di Sokcho ini ada 2, Express Bus Terminal sama Intercity Bus Terminal. Celakanya, hostel yang udah saya booking lokasinya lebih dekat ke Intercity Bus Terminal. Kalo dari Express Bus Terminal butuh setengah jam jalan kaki. Bisa sih naik taxi, tapi kalo sendirian ya mending jalan sih karena ga ada yang bisa diajak patungan bayar taxi.
Rute kalo jalan kaki dari Express Bus Terminal ke James Blue Hostel : Keluar dari terminal, belok kanan, jalan terus di trotoar sampe ngeliat bangunan E-Mart besar banget di kanan. Belok kanan ke arah E-Mart, lurus terus agak jauh sampe ngeliat 2 jembatan berwarna merah sama biru. Jalan terus sampe ngelewatin jembatan sambil foto2. Dari atas jembatan pemandangannya bagus banget, keliatan danau/teluk dan perkampungan nelayan ala korea di sekitarnya, plus pemandangan Seoraksan Mountain menjulang gagah di belakangnya. Apalagi kalo pas sore2 liat sunset disini, keren banget deh. Kalo pas ke Sokcho buat hunting foto, jangan lewatin spot ini. Daripada naik taxi, mending jalan kaki setengah jam :sambil liat pemandangan. Abis ngelewatin jembatan, akhirnya keliatan deh James Blue Hostel.
Jembatannya

Pemandangan selama menuju Hostel

Pemandangan selama menuju Hostel

Pemandangan selama menuju Hostel

Masuk, ketemu yang punya ternyata masih muda. Saya gak tanya namanya siapa, jadi kita asumsikan aja namanya James. Bayar hostelnya 1 malem KRW20.000. Hari ini saya beruntung, ternyata yang nginep cuma saya sendirian. Jadilah 1 kamar dorm buat orang saya pake sendiri. Wahahaha. Hostel ini fasilitasnya setara hotel. Kamar mandi dalem, shower air hangat bertekanan tinggi, sabun+sampo+odol,LCD TV 32” plus TV Kabel di dalam kamar, Kulkas mini+2 botol air mineral di dalemnya gratis, ada hair dryer n lotion pelembab gratis juga. Lantainya juga udah dilengkapi penghangat. Anget banget di dalem kamar. Kasurnya empuk, seprei putih bersih. Ada colokan listrik di masing2 bed, jadi kalo mau ngecas hp ga perlu rebutan. Hostel ini agak mahal permalemnya KRW20.000 include breakfast. Lebih mahal daripada The House Hostel, tapi menurut saya James Blue sangat layak diperhitungkan buat menginap, karena bangunannya baru direnovasi jadi masih bersih banget.
Hostel saya selama di Sokcho

Abis bersih2+mandi air anget, saya pake semua baju yang saya bawa(total kaos 3 lapis+kemeja lengan panjang+jaket) terus saya keluar cari makan. Dari hostel jalan ke arah kiri udah masuk ke area Rodeo Street Sokcho, sebuah jalan yang kanan kirinya dipenuhi toko2, butik, kafe, resto, dll. Banyak anak muda yang nongkrong juga dimari. Semakin malam udara semakin dingin. Abis muterin Rodeo Street sekitar 1 jam sambil foto2, saya belom nemu tempat makan yang menarik. Akhirnya malah makan di Lotteria, beli Bulgogi Burger KRW3300. Enak loh ini burgernya. Emang gak kenyang sih, akhirnya ane mampir ke 7-11 beli mie cup KRW1000 buat dimakan di hostel.
Di Rodeo Street

Rodeo Street Sokcho


Balik hostel, bikin mie cup sambil nonton TV acara Kpop M Countdown ada SNSD yang lagi promo album barunya. Kenyang, saya siap2 tidur sambil nonton TV. Nyaman banget rasanya di kamar yang anget abis kedinginan di luar. Iseng-iseng cek kecepatan free wifi di hostel ini pake Testspeed. Gila, 30Mbps………Pengen donlod tapi memory mepet. Akhirnya saya tidur aja deh.
NB : Di Sokcho ini saya emang sengaja gak keliling2 ke tempat2 wisata terkenal, karena cuma kepengen ke Seoraksan aja. Jadi sisa waktunya ane pake buat nyantai2 aja. FYI kota ini ternyata emang cocok loh buat nyantai. Gak terlalu sibuk n bising kayak Seoul. Cocok deh ama yang dibilangin sama agan Benedictmichail (via Kaskus), kota ini enak buat menikmati kehidupan :D
Pengeluaran Day 2:
-McD KRW3800
-Tmoney KRW12500
-KAL KRW16000
-Bus to Sokcho KRW17200
-Roti bekal KRW1400
-Hostel KRW20000
-Lotteria Burger KRW3300
-Mie Cup 7-11 KRW1000
Total KRW75200

No comments:

Post a Comment

Keliling Singapore-Malaysia 7 hari cuma 1jutaan - Day 5

Selamat pagi cikgu! Hari ke-5 trip ini saya menuju ke Kuala Lumpur dengan bus. Bangun pagi, setoran rutin sama mandi bersih-bersih dulu...