Langsung ke konten utama

Cara Naik Bus dari Singapore ke Melaka

Lagi jalan-jalan di Singapore lalu tiba-tiba bingung ga tau mau kemana karena saking kecilnya negara itu? Mending ke Melaka aja!


Melaka adalah salah satu Heritage City di Malaysia. Lokasinya ga terlalu jauh dari Singapore. Pagi berangkat, siang udah nyampe. Naik apa? Naik bus aja yang murah meriah hore. Caranya gimana? Tenang, saya jelasin caranya step by step.

Cara paling mudah adalah naik bus langsung dari Singapore ke Melaka. Tapi karena blog ini isinya traveling murah, jadi saya jelasin cara murahnya, tapi tetep nyaman. Pertama, kita naik MRT ke Bugis Station. Dari stasiun keluar aja nyeberang Victoria Street sampai ketemu Bugis Street. Sampai ujung setelah keluar dari Bugis Street, jalan aja ke arah kanan menyusuri Queen Street. Setelah melewati 2x lampu merah, akan ada satu pelataran tempat bus-bus parkir di sebelah kiri jalan. Naik aja ke bus Causeway Link jurusan JB Sentral (Johor Bahru Sentral) dengan bayar tiket SGD3,3. Sebenarnya kita bisa naik bus kota biasa dengan nomor 170 yang lebih murah, tapi lebih lama. Mending naik Causeway Link aja karena tempat duduknya lebih nyaman dan lebih cepat. Tiketnya jangan sampai hilang karena nanti perlu ditunjukkan lagi pas di perbatasan.

Perjalanan dari Queen Street sampai ke perbatasan imigrasi di Woodlands kurang lebih 45 menit. Kita harus turun dulu untuk pemeriksaan imigrasi keluar dari Singapore. Setelah lewat imigrasi, kita harus naik bus lagi. Busnya gak harus sama dengan yang kita naiki tadi, tapi harus sama-sama Causway Link biar gak perlu bayar lagi. Inilah fungsi tiket yang tadi. Tunjukkan saja tiketnya maka kita bisa naik tanpa bayar lagi.

Dari Woodlands, bus akan jalan lagi menuju perbatasan imigrasi Malaysia di JB Sentral. Disini kita harus turun lagi untuk pemeriksaan imigrasi lagi masuk ke Malaysia. Setelah cap paspor, kita naik Causeway Link lagi menuju ke Larkin Bus Terminal yang gak terlalu jauh dari JB Sentral. Total waktu dari Queen Street sampai ke Larkin Terminal ini sekitar 1-2 jam kalo imigrasinya pas gak terlalu rame.

Larkin Terminal

Di Larkin Terminal kita beli lagi tiket bus menuju ke Melaka Sentral. Ada banyak banget pilihan PO bus disini. Tapi rata-rata harganya sama dan fasilitas busnya juga sama-sama bagus. Harga tiket ke Melaka Sentral rata-rata 20-24 ringgit. Sekitar 70ribuan. Totalnya cuma 100ribuan dari Singapore.

Perjalanan dari Larkin Terminal menuju Melaka Sentral kurang lebih 3 jam. Di Larkin Terminal banyak tempat jual makanan. Jadi selama menunggu kita bisa makan dulu di sini. Begitu waktu keberangkatan hampir tiba, jangan lupa segera menuju peron keberangkatan sesuai yang tertera di tiket. Jangan sampai terlambat karena bus di Malaysia sangat on time. Kalo telat ya tiket hangus. Selamat mencoba. Adios!


Komentar

  1. wahh lumayan lama juga ya kalau 3 jam, tapi tempatnya keren jadi sebanding kalau pergi dari singapore kesana.. hhe

    BalasHapus
  2. Kayaknya pernah nemu tuh Bus buat ke Malaysia di Bugis Street, kapan-kapan dicoba naik bus dari Bugis ke Malaysia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang lokasinya Queen Street ini deket sama bugis kok om :D

      Hapus
  3. Nanya dong, bus ke Melaka dari Singapore paling malam jam berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang dari Johor jam 11-12 malam masih ada sih,,tinggal atur waktunya aja biar nyampe Johor sebelum jam 12 malem :))

      Hapus
  4. Halo kak. thanks artikelnya, sangat membantu.
    Mau tanya kalau jadwal bus gitu, yg paling malam jam berapa ya kira2? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,thanks sudah mampir :)
      Kalo jadwal bus dari Johor ke Melaka/KL tengah malem masih ada kok, sekitar jam 11-12an gitu..Tapi kalo bus yang dari Singapore ke Johor saya kurang tau..Biar aman mending jam 7an malem udah berangkat dari Singapore naik bus ke Johor..
      Untuk bus dari Johornya, biar aman mending booking dulu dari sini, bisa booking lewat easybook.com kok :)

      Hapus
  5. info yang sangat membantu sebagai referensi :) perbedaan harga cukup signifikan ya kalo naik bus langsung dari Singapore - Malacca (+- 25SGD dengan Starmart) :| beda di kelas bus atau ada hal lain yang membedakan kah dibandingkan dengan naik direct bus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya kalo naik bus langsung dari singapore kita ga perlu repot beli tiket lagi di terminal larkin johor..udah cuman itu aja bedanya,,kalo busnya sih sama2 bagus...

      Hapus
  6. kak mau tanya dong, sy punya rencana PP singapore-melaka. Pertanyaan saya:
    1. bus paling pagi dari woodlands ke JB dan JB ke Melaka jam berapa ya?
    2. di Melaka untuk Hop in 1 site ke site lain bisa dengan jalan kaki kah? atau hrus naik public transport lagi?
    3. Bus paling malam dari JB ke sing jam berapa ya?
    4. misal saya sampai sing sekitar tengah malam, masih ada public transport gak ya dari perbatasan ke kota?
    5. Worthed gak trip sing-Melaka dalam 1 hari aja?

    Maaf banyak pertanyaan, saya butuh pertimbangan..Makasih banyak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bantu jawab ya:
      1. kalo ga salah jam 6 pagi udah ada yg dari Woodland
      2. kalo udah nyampe ke Stadhuys gampang, bisa jalan kaki kemana2
      3. sampe tengah malam juga kayaknya masih ada deh..amannya sih jam 8-9 malem udah harus nyampe terminal di JB
      4. ada tapi cuman taxi
      5. engga, mending nginep melaka semalem. lagian hotel & biaya hidup di melaka jauuhh lebih murah dibanding di singapore :)

      Enjoy Malacca :)

      Hapus

  7. Hai Christian. thanks banget artikel kamu sangat membantu. tahun lalu saya sudah pernah mencoba perjalanan Dari Singapura ke KL via darat. nah akhir tahun ini saya mau ke Singapura ke KL lagi. tapi rencananya mau mampir ke Melaka. Nah, yang mau saya tanyakan (sesuai pengalaman kemarin); saya tiba di Larkin pasti malam sekitar jam 10/11 .
    1. apakah aman jam segitu sampai di Melaka?
    2. Hotel apakah yg paling rekomendasi (tp murah)?
    3. Adakah kendaraan menuju hotel jam segitu?

    thanks A lot :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, coba jawab ya:
      1. aman banget.

      2. coba nginep di Lavender Guesthouse yang saya pernah nginep dulu: http://bokekpacker.blogspot.com/2017/05/keliling-singapore-malaysia-7-hari-cuma_3.html

      3. ada, tapi cuma tinggal taxi. Kalo udah malem, biasanya taxi bakal lebih mahal, sekitar 30 ringgit. Kalo siang biasanya cuma 20 ringgit. Tapi kalo pergi ramean sih lumayan murah bisa patungan.

      Thanks juga udah mampir :)

      Hapus
  8. Maaf numpang nanya.
    Saya ada rencana dari Woodlands ke Malaca. Tapi binggung apakah terminal Larkin itu = terminal dimana bis dari Woodlans tiba di Johor Bahru ?
    Makasih yaa ..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul om,,turunnya di Larkin. Baru dari Larkin nanti beli tiket lagi menuju ke Melaka.

      Hapus
  9. Hallooo... selamat malam. Nemu artikel ini dan sangat bermanfaat. Mau nanya dong katanya ada tiket yang langsung Singapore - Melaka ya? Itu bisa di dapatkan dimana? Terima kasih sebelum dan sesudahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih bus langsung Singapore-Melaka, tapi tiketnya mahal bisa 20-29 SGD..kalo transit dulu di Johor kayak cara saya ini biayanya bisa cuman sepertiganya...tiketnya bisa dibeli online di easybook.com

      Hapus
  10. Halo,,
    Kalo bus direct dia langsung ke Melaka, gak pake berhenti di Larkin dulu.
    Engga bakal ditinggal bus di Imigrasi, karena kita pasti bakal naik bus yg berbeda (tapi perusahaan busnya sama). Misal kita naik bus Causeway Link dari Singapore, terus kita turun di pintu masuk imigrasi. Setelah melewati imigrasi, kita cari bus Causeway Link lagi, tinggal tunjukin tiket bus yang udah kita punya dan gak perlu bayar lagi.
    Semoga membantu :)

    BalasHapus
  11. Hallo.... saya minta masukan nya nih....
    Kita mau ke sing dari malaka PP aja... Biar murah dan hemat waktu, dan bei tiket nya apa pilih malaka lgsg sing, atau beli tiket bis malaka ke JB, trus beli tiket lagi dr JB ke sing... begitu juga sebaliknya... Mohon pecerahan nya suhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bantu jawab ya..
      Kalo mau murah pastinya gabisa hemat waktu..caranya ya naik bus via JB baru pindah bus ke singapore..
      tapi kalo mau hemat waktu, bisa pake bus yang direct langsung ke singapore, tapi pastinya lebih mahal tiketnya..hehe..
      semoga membantu :D

      Hapus
  12. Halo Kak, mau tanya jika dari Terminal Queen Street pukul 12.30 siang (hari minggu) untuk pesan bus ke Malaka dari Terminal Larkin kira-kira lebih baik jam berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau aman sih pesen yg malem aja kak, tapi kalo mau pesan pas nyampe Larkin juga bisa. Takutnya kalo weekend imigrasinya antri panjang...dulu saya pernah antri 2 jam lebih di imigrasi :(

      Hapus
  13. Halo kak, terimakasih buat share nya, rencana dari queen street ke larkin pake causeway link nih kak, bus paling akhir jam brp ya? atau ada opsi bus lain kak yang keberangkatan dr s'pore sekitar jam 10 malem gitu kak, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bus terakhir sekitar jam 11 sih, tapi better berangkat pagi dari Singapore. Karena pas nyampe Melaka kita musti naek bus dalam kota lagi buat menuju ke penginapan, dan bus dalam kota cuman ada sampe sore.

      Hapus
  14. Konichiwa, Kina desu.. ka mo tanya, klo dari kawasan Chinatown pangkalan bus causeway link untuk ke Melaka nya ada kah? atau memang harus naik dari queen street (bugis) atau di Woodlands?, lalu sama mau tanya utk pembelian tiket dari SG ke JB dan lanjutan setelah sampai di Larkin, itu belinya juga on the spot atau bisa beli secara online jg di https://www.easybook.com? cz saya tadi cek di easybook tidak ada bus causeway link.
    -kotaetekudasai ><

    _kin

    BalasHapus
    Balasan
    1. konichiwa..setau saya harus dari Queen Street deh..dan causeway link cuman sampe larkin aja, jadi setelah di larkin harus beli tiket lagi..
      tiketnya bisa dibeli on the spot, tapi yg di larkin bisa pesen online dulu kalo takut keabisan, terutama pas weekend.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Naik Bus dari Bangkok ke Pak Chong (Khao Yai National Park) - Backpackeran Keliling 3 Negara di Asia Tenggara (Vietnam, Kamboja, Thailand) 8 hari - Part 5

Sekitar jam 23:00 kami mendarat di Bangkok. Airport bus jam segitu udah gak ada, jadi kami terpaksa naik Grab Car meskipun lebih mahal. Meskipun udah tengah malam, kami memutuskan buat nginep di hostel di dekat Mo Chit bus terminal karen besok pagi kami mau langsung cabut naik bus menuju ke kota Pak Chong. Pak Chong ini adalah kota kecil sekitar 3 jam dari Bangkok, mirip kayak Puncak kalo di Jakarta. Ada apa saja di Pak Chong? Destinasi utamanya sih Khao Yai National Park, taman nasional yang guede dan luas banget. Ada air terjun, satwa liar, danau, gajah, rusa, monyet, dan lain-lain. Selain itu di Pak Chong juga banyak tempat wisata yang mirip-mirip di Puncak gitu. Ada resort bertema Eropa, kafe-kafe gaul, dan cem macem lainnya. Kami nyampe hostel di Bangkok sekitar jam setengah 1 malam. Langsung check ini (USD7/orang), bersih-bersih, lalu karena kelaparan saya pun langsung melipir beli rice box (THB35) di sevel seberang hostel. Setelahnya langsung istirahat, tidur yang cu

Rincian Biaya Trekking Annapurna Base Camp - Himalaya - Nepal

Total trip kami ke Nepal adalah 11,5 hari, termasuk perjalanan dari Indonesia ke Nepal. Total waktu trekking kami adalah 6 hari, dimulai dari Syauli Bazaar sampai ke ABC dan berakhir di Mutkhu. Biaya yang kami keluarkan selama trip, saya coba jabarkan seingat saya, karena sewaktu trekking saya gak terlalu mikir masalah duit, karena badan udah capek banget jadi males mikir. Lha wong pas lagi seger aja saya males ngitung, apalagi pas klenger. Perhitungan biaya ini berdasarkan kurs pada saat kami kesana. Hari pertama: Jakarta - Kuala Lumpur Kathmandu Pengeluaran: 1. Makan siang romantis kere di KLIA sepiring berdua - MYR18 (Rp 32.000/orang) 2. VOA - USD25 (Rp 345.000) 3. Taxi ke NTB - NPR700 dibagi 2 (Rp42.000/orang) 4. Biaya2 bikin permit - kurleb Rp550.000/orang 5. Penginapan di Thamel - USD13/room (Rp90.000/orang) 6. Makan malam di Thamel - kurleb Rp75.000/orang Total pengeluaran hari pertama : Rp1.134.000/orang Hari kedua: Kathmandu - Pokhara Pengeluaran: 1. Tiket